Pengembangan Ekonomi Kreatif di Jawa Timur

Penulis

  • Jeni Program Studi Magister Manajemen, Universitas Islam Malang
  • Pardiman Pascasarjana Universitas Islam Malang

Kata Kunci:

Pengembangan Ekonomi Kreatif

Abstrak

UMKM berkontribusi dalam pemenuhan PDRB Provinsi Jawa Timur, yakni memiliki peran 56,9% di 2021. Di masa pandemi Covid-19, banyak UMKM yang lumpuh, perlu dikuatkan melalui: pengoptimalan UPT pelatihan UMKM dan koperasi; virtual business dengan diaspora mancanegara; dan digitalisasi untuk meluaskan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran dan digitalisasi networking berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha UMKM diĀ  Jawa Timur. Persepsi sosial berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha UMKM di Jawa Timur. UMKM merupakan pendongkrak PDRB Jatim, yakni memiliki peran 56,9% dan di masa pandemi Covid 19 banyak UMKM yang lumpuh, Model pendekatan Penta Helix, pemerataan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan slogan "rembug Nyekrup".

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-15

Cara Mengutip

Susyanti, J. ., & Pardiman, P. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif di Jawa Timur. Jurnal Pusat Studi Jawa Timur, 1(2). Diambil dari https://jpsjt.unisma.ac.id/index.php/jpsjt/article/view/33